You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
4 Titik Longsor di Tanjung Barat Ditanggul Sementara
.
photo doc - Beritajakarta.id

4 Titik Longsor di Tanjung Barat Ditanggul Sementara

Berdasarkan hasil rapat Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Selatan dengan Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSCC), empat lokasi longsor di Kelurahan Tanjung Barat, Jagakarsa, tidak memungkinkan dipasang sheet pile. Kendalanya terdapat pada akses alat berat.

Cerucuk kayu, bronjong jadi lebih kuat walaupun itu penanganan yang tidak dipermanen

Perlu diketahui, empat lokasi yang berada di bibir Kali Ciliwung di Kelurahan Tanjung Barat mengalami longsor pada April 2016 lalu, yakni Jalan Gintung RT 06/06, Jalan Gintung RT 11/02, Jalan Ranchi Dalam Gang Cangkring II RT 08/02, dan Jalan Gunuk RT 09/05.

Wakil Wali Kota Jakarta Selatan, Irmansyah mengatakan, untuk mencegah terjadinya longsor susulan, beberapa titik longsor mulai dipasangi tanggul buatan yang dapat meningkatkan kapasitas daya dukung atau perkuatan tanah. Diantaranya, menggunakan pondasi cerucuk kayu, bronjong penahan longsor dan karung pasir.

Pelanggaran KDB Marak di Jagakarsa

"Sekarang ini penanganan yang kondisinya darurat saja dulu sebagai antisipasi hujan sehingga tidak terjadi longsor lanjutan. Terakhir beberapa sudah dipasang, yang berikutnya saya minta untuk segera dipasang, kerjasama BBWSCC dan Suku Dinas Bina Marga," kata Irmansyah, Senin (27/6).

Ditambahkan Irmansyah, warga yang tinggal di dekat lokasi terjadinya longsor diimbau untuk pindah. Karena upaya pencegahan longsor yang saat ini dilakukan adalah penanganan sementara yang sewaktu-waktu tidak menutup kemungkinan bakal terjadi longsor lanjutan.

"Cerucuk kayu, bronjong jadi lebih kuat walaupun itu penanganan yang tidak dipermanen. Beberapa lahan di situ sudah dilakukan pembebasan oleh Dinas Pertamanan sebetulnya. Kita akan coba lihat lagi, kira-kira apa yang bisa kita lakukan, walaupun tidak memungkinkan untuk dibangun sheet pile," tandas Irmansyah.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1226 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1145 personTiyo Surya Sakti
  3. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1126 personAldi Geri Lumban Tobing
  4. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1059 personNurito
  5. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1023 personAldi Geri Lumban Tobing